Kamis, 10 Januari 2013

Laporan Tahunan



Langkah-Langkah Membuat Laporan Tahunan.
Laporan tahunan berisi sekitar 20 sheet, yang mana pada sheet pertama DATA berisi tabel laporan, pada sheet ke-2 sampai sheet 20 berisi tabel dan grafik tiap bulan, triwulan, semester dan tahunan.

Berikut saya akan membuat langkah laporan tahunan.
1.      Buka MS. Excel 2007
2.      Tambah Sheet
·         klik kanan pada sheet pertama
·         pilih insert
·         klik word sheet
·         OK
3.      Memberi Nama Sheet
·      klik kanan pada sheet
·      rename
·      Ketik nama yang kamu inginkan
·      enter
4.      Memberi Warna Tab Sheet
·         klik kanan sheet
·         tab color
·         pilih warna
·         OK
5.      Memanggil Nama Sel
Contohnya :
Bulan Januari,,pada name box nya tertulis D10 maka klik name box tsb lalu isi dgn nama yang diinginkan ex: JAN. Maka untuk selanjutnya jika kamu ingin membuat Januari cukup buat "&JAN&" lalu enter maka di sel tersebut akan terbuat Januari secara otomatis
6.      Memberi Comment/ Penjelasan Pada Sel
·         Klik kanan sel yang ingin diberi keterangan
·         Insert koment tulis koment
·         Atur format koment sesuai selera
·         Pindah ke sel lain secara otomatis comen akan tersimpan dan tampil setiap anda membuka sel
7.      Formula yang digunakan
SUM dan AVERAGE
·         Ketik =
·         Masukan formula : sum (jumlah), average (rata2) dll sesuai keinginan
·         Buka kurung klik sel pertama,(sel kedua) yang ingin di jumlahkan tutup kurung Ex : =sum(A5,(B3))
·         Enter
·         untuk menjumlah sel yang memiliki rentang atau berdekatan spt B1,B2,B3,B4
· blok sel
· Cari menu sum pada formula, auto sum hasil akan tertulis di bawah atau samping sel yang di blok
· Enter
·         bisa juga =sum(B1:B4) bgitu jga untuk average
Logika If
Dingunakan untuk memberi syarat pada perintah dengan menggunakan pembanding:
= sama dengan
> besar dari
>= besar atau sama dari
contoh =IF(I7<I$18,"BINA","-")
bila data pada I7 kecil dri I18 maka bina,bila tidak –
ket:
$ digunakan bila pada saat menggunakan auto fill I18 tetap dipakai tidak berubah menjadi I19
Atau bisa juga diganti dengan memanggil nama sel conth tdsjan
8.      Judul laporan
Jika terdapat kata dari data sebelumnya kita dapat langsung memanggil selnya saja.
Untuk judul rumus yang digunakan :
=JUDUL&" PUSKESMAS "&PKM&" "&kab&" BULAN "&JAN&" THN "&tahun
9.      Catatan
Catatan tentang berapa puskesmas yang harus dibina.
Gunakan rumus :
="Catatan:Pada bulan "&JAN&" ini jumlah posyandu yang perlu dibina D/Snya adalah "&COUNTIF(K7:K16,"Bina")&" posyandu dan N/S sebanyak "&COUNTIF(L7:L16,"Bina")&" posyandu"
10.  MEMBUAT GRAFIK..
· blok sel yang dinginkan, insert chart atau klik icon wizart chart
· pilih grafik yang diinginkan pada chart type
· atur grafik klik kanan grafik atau sesuai format yang didinginkan.,,
MENYALIN ATAU DATA SEL
· Blok sel klik kanan copy u/ menyalin, dan cut u/ memindahkan
· Sorot lokasi tempat hasil yang diinginkan
· Klik kanan paste or ctrl+v
Catt:
Bila semua sel pada sheet klik kanan pada tanda yang berada antara penunjuk sel colom dan baris..dan lakukan sesuai langkah di atas salin pada shet yang dipilih
11.  MEMBERI PROTECT
· Format,protect sel
· Contreng sesuai bagian yang ingin d protect
· Masukan password
· Klik ok
· Menghilangkan protect klik unprotect dan masukan password
12.  LOCK SEL
· Biar formula pada table gak bisa di rubah
· Format sel, contreng lock
· Klik Ok

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh laporan tahuanan saya disini

atau silahkan anda lihat di blog saya yang lain (klik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar